Kementan Dorong Petani Indonesia Gunakan Teknologi Modern

Kementan Dorong Petani Indonesia Gunakan Teknologi Modern

INOVASI dan teknologi menjadi kunci pembangunan pertanian Indonesia di tahun 2022 agar pertanian lebih maju, mandiri, dan modern dan berimbas pada peningkatan produktivitas.

\"Sistem dan alat pertanian modern berbasis teknologi akan menjadi salah satu penentu tercapainya target produksi pangan di masa mendatang,\" kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/1).

Pertanian, kata dia, tidak mungkin tanpa teknologi dan inovasi. Pertanian harus bisa beradaptasi agar mampu mencapai target yang ada.

BACA JUGA:Layangan Putus Versi Cirebon, Pelakor Ketahuan Istri Sah, Dicegat di Jalan Suranenggala

\"Ke depan perubahan iklim juga menjadi sebuah tantangan dan kita tidak bisa menjawab tantangan ini tanpa teknologi,\" lanjut Mentan.

Pertanian Indonesia harus menggunakan cara-cara baru, seperti halnya traktor tanpa awak, drone, robot tanam padi, dan teknologi digital lain berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Thing (IoT).

“Segera dorong sektor ini agar mampu bersaing hingga memenangkan persaingan di kancah global,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan, integrated farming merupakan integrasi beberapa komoditas di dalam beberapa komoditas pertanian.

Integrated farming ditujukan untuk memaksimalkan keuntungan agribisnis dan optimalisasi lahan.

“Konsep ini harus dipahami dan diimplementasikan oleh seluruh penyuluh pertanian,” ujar Dedi.(rmol)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: